KOGNITIFIKASI - Kali ini kita akan membahas mengenai surat lamaran kerja yang baik dan benar. Walaupun surat lamaran kerja tidak ada ukuran baku seperti apa seharusnya dibuat, namun alangkah baiknya kita tetap memerhatian kaidah penulisan yang baik sehingga menarik perhatian sang penyedia lapangan kerja.
Pentingnya Surat Lamaran Kerja yang Meanrik
Surat lamaran kerja adalah salah satu yang penting saat kita kan melamar pekerjaan dengan posisi apapun. Namun, sering kali kita tidak paham dan salah kaprah bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang tepat sehingga dilirik HRD.
Jika zaman dahulu lamaran pekerjaan wajib dengan metode tulis tangan, kini surat lamaran pekerjaan sebagian besar sudah mengharuskan menggunakan metode ketik.
Namun, baik dengan tulis tangan ataupun di ketik, yang paling penting dalam surat lamaran kerja adalah muatan atau strukturnya yang menarik. Dengan struktur surat yang menarik maka sudah pasti HRD bakal melirik dan menindaklanjuti lamaran yang kita ajukan.
Bagi sobat yang sedang mencari referensi bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, berikut Golgy.id sajikan tata cara membuat surat lamaran kerja beserta contohnya yang dijamin menarik perhatian HRD. Selamat menyimak!
Struktur Surat Lamaran Kerja
Struktur surat lamaran kerja setidaknya memiliki tiga bagian atau komponen yaitu bagian pembuka, bagian isi dan bagian penutup.
Bagian Pembuka
Pada bagian ini surat lamaran kerja biasanya diisi dengan salam atau kata penghotmatan misalnya "dengan hormat" atau semacamnya.
Selanjutnya, dalam bagian ini baiknya dilanjutkan dengan informasi mengenai dari mana kita memperoleh informasi lowongan serta maksud dan tujuan kita mengirim surat permohonan lamaran.
Berikut contoh pembuatan bagian pembuka
Dengan Hormat,Berdasarkan informasi lowongan yang saya peroleh untuk posisi Staff Admin pada PT. Sinergi Adhikarya Semesta (SAS), maka melalui surat ini Saya bermaksud mengajukan permohonan untuk mengisi posisi sebagaimana lowongan yang tersedia pada perusahaan/ instansi yang Bapak/ Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya sampaikan data diri saya sebagai berikut :nama :NIK :tempat, tanggal lahir :umur :pendidikan terakhir :alamat domisili :whatsApp :e-mail :
Isi
Pada bagian isi, sebaiknya cantumkan keterampilan, dan hal-hal singkat yang menggambarkan diri sang pelamar kerja.
Berikut contohnya:
Pernah bekerja sebagai Staff Administrasi selama satu tahun (2015 – 2016), serta pengalaman pada organisasi-organisasi kemahasiswaan diantaranya menjabat sebagai Ketua Umum ________ pada _____ yang menjalankan tugas pokok manajemen organisasi seperti administrasi, keuangan dan sumber daya manusia (SDM), dst. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan pada penggunaan Microsoft Office (Word, Excel, Power Point dll.), aplikasi desain grafis seperti Corel Draw, Photoshop, Canva yang kiranya relevan dengan lowongan yang tersedia. Adapun informasi lengkap saya lampirkan bersama CV.
Penutup
Pada abgian ini biasanya diisi dengan kalimat ucapan serta harapan agar lamaran dapat diterima oleh penyedia lowongan kerja. Alangkah baiknya pada bagian ini dituliskan kalimat yang memperlihatkan antusiasme pencari kerja sehingga menarik perhatian HRD. Misalnya seperti ini:
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat bergabung serta akan dengan senang hati apabila diberikan kesempatan untuk membahas ini lebih lanjut. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.
Jangan lupa untuk menyertakan tanda tanga pada akhir bagian surat.
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Menarik HRD
Perihal : Lamaran pekerjaan ________, 1 Juli 2021Yth. Bapak/ Ibu Pimpinan Perusahaan _________diTempatDengan Hormat,Berdasarkan informasi lowongan yang saya peroleh untuk posisi Staff Admin pada PT. Sinergi Adhikarya Semesta (SAS), maka melalui surat ini Saya bermaksud mengajukan permohonan untuk mengisi posisi sebagaimana lowongan yang tersedia pada perusahaan/ instansi yang Bapak/ Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya sampaikan data diri saya sebagai berikut :nama : Nama KamuNIK : NIK Kamutempat, tanggal lahir : Temoat dan Tanggal Laghir Kamuumur : Usia Kamupendidikan terakhir : S1alamat domisili : Tempat Tinggal KamuwhatsApp : 08820342546e-mail : kamu@gmail.comPernah bekerja sebagai Staff Administrasi selama satu tahun (2015 – 2016), serta pengalaman pada organisasi-organisasi kemahasiswaan diantaranya menjabat sebagai Ketua Umum lembaga _______ pada 2018 – 2019 yang menjalankan tugas pokok manajemen organisasi seperti administrasi, keuangan dan sumber daya manusia (SDM), pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum ________ pada 2019 – 2020 yang menjalankan tugas pokok sebagai penanggungjawab administrasi seperti persuratan dan pelaporan dan kesekretariatan serta memiliki kemampuan pada penggunaan Microsoft Office (Word, Excel, Power Point dll.), aplikasi desain grafis seperti Corel Draw, Photoshop, Canva yang kiranya relevan dengan lowongan yang tersedia. Adapun informasi lengkap saya lampirkan bersama CVDemikian surat lamaran kerja ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat bergabung serta akan dengan senang hati apabila diberikan kesempatan untuk membahas ini lebih lanjut. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.Hormat Saya,Nama Kamu
Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba semoga sobat Kognitifikasi.id yang sedang mencari kerja segera dipanggil HRD ya. Jangan lupa agar semua bagian diisi dengan informasi yang relevan dengan lowongan yang tersedia.
Tidak ada komentar