Pendidikan

Instrumen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK Terbaru

Kognitifikasi Kognitifikasi
Minggu, Februari 27, 2022
0 Komentar
Beranda
Pendidikan
Instrumen Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK Terbaru

Instrumen atau pedoman akreditasi sekolah atau madrasah terbaru
Instrumen Pedoman Akreditasi Terbaru/ BAN SM/

Kognitifikasi.Com - Berikut ini link download Perangkan atau Instrumen Akreditasi SMA MA 2022 terbaru.

Seperti diketahui bahwa akreditasi adalah sebuah penilaian kelayakan pada satuan pendirikan berdasarkan kriterian tertentu.

Berkaitan dengan akreditasi sekolah SMA atau MA, uji kelayakan atau akreditasi itu sesuai dengan ketetapan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat (22).

Sementara itu, Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Sekolah/madrasah adalah bentuk satuan pendidikan formal yang meliputi Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Luar Biasa (SLB), Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), dan satuan pendidikan formal lain yang sederajat.

Kegiatan akreditasi diharapkan menjadi pendorong dan dapat menciptakan suasana kondusif bagi perkembangan pendidikan dan memberikan arahan untuk melakukan penjaminan mutu sekolah/madrasah yang berkelanjutan, serta terus berusaha mencapai mutu yang diharapkan.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) mewajibkan akreditasi bagi seluruh sekolah dan madrasah sebagai bagian dari keseluruhan upaya penjaminan mutu

Pendidikan. Karena itu, proses evaluasi terhadap berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan diarahkan pada upaya untuk menjamin terselenggaranya layanan pendidikan bermutu dan memberdayakan sekolah sehingga dapat menghasilkan lulusan pendidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Proses akreditasi dilakukan secara terbuka dengan tujuan untuk membantu dan memberdayakan program dan satuan pendidikan agar mampu mengembangkan sumber dayanya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Mengingat pentingnya akreditasi sebagai salah satu upaya untuk menjamin dan mengendalikan kualitas pendidikan, Pemerintah membentuk Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M).

Download instrumen atau pedoman akreditasi sekolah atau madrasah di bawah ini:

SD
SMP
SMA
SMK
Terima kasih. Semoga bermanfaat.*-*

Penulis blog

Tidak ada komentar